Belajar Sejarah di Rumah Tjokroaminoto

by - 22.05


Raden Oemar Said Tjrokoaminoto, pendirian Sarekat Islam organisasi pertama di nusantara. Lekat juga dengan presiden pertama, Bung Karno.

Bila liburan ke Surabaya luangkan waktu untuk menilik sejarah, salah satunya dengan berkunjung ke Rumah Tjokroaminoto yang kini telah menjadi cagar budaya yang dikelola Pemerintah Kota Surabaya yang berada di Gang VII, Peneleh, Rumah HOS Tjokroaminoto terkesan teduh.

Bangku antik model sedan dengan meja marmer bulat menjadi benda yang pertama ditemukan. Di dinding-dinding di dekat ditempel sejumlah pigura. Ada foto HOS Tjokroaminoto tepat di depan pintu, ada empat foto pria kelahiran Ponorogo ini dari berbagai acara yang dipasang di sisi lain. Tak hanya foto-foto diri yang dipasang. Di bagian lain, saya menemukan sejumlah murid HOS Tjokroaminoto. Di antara Soekarno, Muso, Semaun, Alimin, Darsono, Tan Malaka, hingga Kartosuwiryo.

Profil para murid ini terpampang di dinding-dinding dalam catatan khusus. Menarik untuk mencermati satu per satu perjalanan dari para murid tersebut. Hingga kaki saya tiba di bagian belakang rumah. Sebuah ruang kosong, tapi ada di ujung terpasang tangga menuju ke lantai 2. “Itu tangga untuk ke kamar Bung Karno,” ucap Eko, pengurus Rumah Tjokro ketika melihat kebingunan saya.

sumber: tempo

You May Also Like

0 komentar